Komponen Komputer

 

Komponen Komponen Komputer

    Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling bekerja sama melakukan tugas seperti menerima data, mengolah data, dan menghasilkan informasi. Jadi komputer ini bukanlah hasil cipta dari satu peralatan saja, melainkan banyak komponen yang mendukung kerja komputer. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada/ tidak berfungsi dengan baik, maka suatu komputer tidak akan berjalan. Komputer mempunyai tiga komponen utama yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat otak (brainware). 

KOMPONEN PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

    Komponen perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang dapat dilihat langsung dengan mata dalam bentuk nyata dan dapat di raba.  Berdasarkan fungsinya, perangkat keras (hardware) dibagi menjadi 5 kategori yakni.

A) Input Device (Unit Masukan)

Input Device berfungsi untuk memasukkan data dari luar kedalam komputer dengan processor untuk diolah menjadi informasi yang dibutuhkan. contoh perangkat komputer yang termasuk dalam kategori input device diantaranya.

1. Keyboard


Keyboard merupakan papan ketik komputer yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alphabet, angka dan beberapa perintah lain khusus untuk komputer. Melalui keyboard inilah perintah yang diberikan oleh user dimasukkan ke dalam komputer. Kombinasi tombol keyboard juga bisa menghasilkan perintah tertentu.

2. Mouse


Mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain menggunakan keyboard. Nama mouse diberikan karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

3. Microphone dan Headphone


Microphone dan headphone berfungsi untuk merekam dan memasukkan suara agar dapat tersimpan di memori komputer. 

4. Touchpad


Touchpad ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Biasanya touchpad digunakan pada laptop dan notebook. 

B) Output Device (Unit Keluaran)

Output Device adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data. Untuk lebih jelasnya berikut perangkat yang termasuk dalam kelompok output device.

1. Monitor


Yakni perangkat yang digunakan untuk mengetahui aktifitas yang dilakukan dalam komputer serta menampilkan informasi yang telah diolah.

 2. Printer


Printer adalah perangkat keras keluaran yang berfungsi untuk mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer kemudian dibuatlah salinannya dalam bentuk nyata.

3. Speaker


Speaker adalah transduser yang berfungsi mengubag signal elektrik ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membrane berfungsi menggetarkan udara sehinggga timbullah gelombang suara menuju kendang telinga dan dapat didengar.

4. Scanner


Scanner atau disebut juga alat pemindah yakni perangkat keras komputer yang digunakan untuk memindai suatu bentuk seperti dokumen, foto, gelomgang, suhu dll, yang mana hasil pemindaian tersebut akan ditransformasikan kedalam komputer sebagai data digita.

C) Process Device (Unit Pemrosesan)

Komponen pemrosesan ini dapat kamu jumpai pada suatu perangkat komputer seperti CPU yang berisi beberapa komponen pemrosesan dan menjadi otak dari komputer. Berikut beberapa komponen yang termasuk dalam unit pemrosesan antara lain.

1. Power Supply


Power suplay adalah sebuat perangkat elektronika yang berfungsi sebagai sumber daya untuk perangkat lain khususnya listrik.

2. RAM


RAM adalah tempat penyimpanan pada komputer yang isinya dapat diakses sewaktu-waktu dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memory.

3. CPU atau Processor


Central Prosessing Unit atau CPU dan Processor merupakan perangkat yang merujuk pada perangkat keras komputer untuk memahami dan melaksanakan perinyah dari perangkat lunak.

4. Motherboard


Motherboard mempunyai peran sangat penting sebagai tempat berbagai perangkat keras komputer. Sehingga dengan motherboard ini semua perangkat dapat terhubung.

E) Storage Device (Unit Penyimpanan)


Komponen komputer yang satu ini mempunyai fungsi sebagai salah satu perangkat keras yang mampu menyimpan sebuah data sekunder. Salah satu unit penyimpanan yang cukup popular adalah Harddisk. Harddisk mempunyai kapasitas cukup besar yang berbeda tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Ukuran paling kecil yang dimiliki harddisk sebesar 500 GB. Namun dalam perkembangannya harddisk mulai diciptakan dalam bentuk lebih kecil untuk meminimalisir tempat. Namun meskipun demikian malah daya tampungnya lebih besar.

F). Periferal (Unit Tambahan)

Pariferal hanyalah beberapa perangkat tambahan dalam komputer yang apabila tidak ada tidak berpengaruh pada kerja komputer. Berikut ini perangkat yang dapat digolongkan dalam unit tambahan antara lain.

1. Flashdisk


USB drive adalah sebuah media penyimpanan dalam komputer yang sangat fleksibel dan bersifat non volatile. Dimana data tersebut tidak akan hilang meskipun terdapat aliran listrik didalamnya. selama datanya tidak dihapus, maka data tersebut akan tetap ada dalam kondisi apapun.

KOMPONEN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

    Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak utama yang musti ada dalam sebuah komputer. Operating sistem ini merupakan penghubung yang berfungsi sebagai pengendali, penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak lain, pengontrol dan bertanggung jawab sebagai manager aplikasi komputer.

    Dapat dikatakan juga, operating sistem ini sebagai perangkat lunak pertama sebagai dasar sebelum ada aplikasi software lain yang mampu mengisi komputer. Sekarang ini sudah terdapat berbagai macam dan jenis penyedia sistem operasi komputer yang sudah sangat popular seperti windows, Mac dan Linux.

KOMPONEN PERANGKAT OTAK (BRAINWARE)

    Komponen perangkat otak atau brainware merupakan mereka yang menggunakan komputer atau biasa disebut dengan user. Pengguna komputer sendiri pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa antara lain

  • Operator, yang bertugas untuk bertanggung jawab dengan pengolahan data pada komputer. Pada saat terjadi pengolahan data, operator mustimelakukan sesuai dengan aturan dalam penggunaan aplikasi yang telah ditetapkan seorang programmer.
  • Programmer, mereka yang bertugas membuat berbagai aplikasi komputer yang akan digunakan oleh banyak orang. Pada saat ini, programer banyak di cari seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang begtu kompleks. Makin ahli seserorang, makin banyak perusahaan besar membutuhkannya.
  • Graphic desiner, mereka yang menekuni dunia desain grafis dan biasanya juga menekuni dunia animasi visual. Selain graphic desainer juga masih ada vieo desiner.
  • Administrator, mereka yang terjun dalam bidang pengolahan sistem komputer yang dirancang oleh sistem analis. Administrator juga bisa bertindak sebagai verifikator sekaligus, tergantung kebijakan.
    Pada dasarnya komputer mempunyai 3 komponen penting yaitu hardware, software, dan braiware. Ketiga perangkat tersebut mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Hardware bertugas sebagai perangkat keras komputer seperti monitor, keyboard dan lain-lain. Software bertugas sebagai perangkat lunak komputer seperti operating sistem. Dan brainware bertugas sebagai perangkat otak komputer yakni yang menjalankan komputer itu sendiri.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS SMK BAKTI NUSANTARA 666